video bagus"

Loading...

Sabtu, 23 Oktober 2010

BLOG



Setelah beberapa waktu lalu ada salah seorang sahabat pengunjung blog ini yang bertanya mengenai cara mengganti warna / gambar background , saya langsung memposting postingan ini... hehehe... maklum saya selalu mengutamakan pengunjung blog yang bertanya mengenai edit mengedit blog khususnya di blogspot. tapi yah ala kadarnya, sesuai dengan kemampuan saya yang pas pas an ini... jadi kalo kurang lengkap saya mohon maaf yah... kita semua juga sedang belajar ko.... belajar yang belum kita bisa, jadi yah apa yang ada atau saya bisa mungkin tidak anda bisai dan begitu sebaliknya apa yang anda bisa saya nggak bisa.. jadi kita saling sharing aja yah...... hehehe... yah kita langsung aja ke pembahasan yaitu cara mengganti atau merubah warna atau gambar background, untuk pertama kalinya kita akan mengenal apa itu background..? biar kita tau asal mula dan tujuannya... hehehe... jadi background adalah latar belakang suatu bidang...
dan jika kita bicara mengenai blog, background itu sendiri bisa berupa warna dan gambar yang berwarna,... loh loh loh.... pusing pa ga.... hehehehe.. (ya itu lah... ntar juga tau sendiri). kita langsung aja yuukkk....
yang pertama tama yang harus kita ketahui adalah apa tujuan kita, seumpama kita mau mengubah warna background seluruh body blog kita atau sebagian saja.. semisal cuman mengubah warna background dari sidebar saja, atau bagian main saja atau yang lainnya....
biar tidak binun akan saya kasih tau satu persatu caranya di bawah ini

jika anda pingin merubah backgroun body blog anda
silahkan anda panteng di editor html blog anda masing masing dan carilah code CSS yang seperti ini :

body {
background:$bgcolor;
margin:0;
color:$textcolor;
font:x-small Georgia Serif;
font-size/* */:/**/small;
font-size: /**/small;
text-align: center;
}

sekarang saya akan jelaskan dikit: ..

pada bagian background berisikan ( $bgcolor ) yang artinya anda bisa mengedit warna dari editor " font and colors " pada blog anda.. caranya anda cukup login ke blogger kemudian pilih pilihan menu " layout " dan pilih lagi menu " font and colors " ... nah di editor " font and colors " tersebut anda bisa mengubah warna background blog anda sesuai dengan kemauan anda. jika di blog anda tidak ada code ($bgcolor), seperti dalam kurung tersebut, maka anda harus mengubah warna dari background blog anda secara manual yaitu tinggal menambahkan kode warna yang anda ketahui,... misalkan

background: #000000; ( code warna #000000 berati berwarna hitam ),

jika anda ingin mengganti background anda dengan warna putih anda tinggal mengganti dengan

background: #ffffff ( code warna #ffffff berarti warna putih ),

begitupu juga untuk warna warna yang lainnya.. cara nya sama saja... tinggal tambahkan tanda (#)di sebelum angka atau huruf (contoh = #ffffff), tanpa tanda kurung!

selain mengganti background dengan warna warni, juga bisa di ganti dengan gambar... semisal anda ingin blog anda backgroundnya foto anda sendiri.... itu bisa bisa saja...
caranya pada code CSS yang bertuliskan ( background:#......; ) cukup anda ganti dengan

background: url('alamat url foto anda taruh sini');

contoh = background: url('http://photobucket.com/poto-anda.jpg');

sudah... gtu aja....... mudah kan...?

sekarang jika anda ingin mengganti background bagian sidebar blog anda..
yang harus anda cari adalah code CSS sbg berikut

#sidebar-wrapper {
width: 345px;
float: $endSide;
border:2px solid red;
background:#fff;
word-wrap: break-word; /* fix for long text breaking sidebar float in IE */
overflow: hidden; /* fix for long non-text content breaking IE sidebar float */
}

nah... seumpama backgroundnya seperti di atas, (background:#fff;) artinya background berwarna putih, jika anda ingin mengubah dengan warna lain silahkan ganti code css (#fff) dengan code warna lain... ( maaf saya tdk hafal code2 warna, jadi silahkan cari contoh code warna sendiri yah... hehehe ) ataupun bisa anda ubah dengan background gambar foto anda, caranya sama dengan yang di atas tadi...

begitupun untuk mengubah background bagian main, caranya sama dengan yang sudah saya jelaskan di atas.. anda tinggal mencari code css seperti di bawah ini

#main-wrapper {
width: 600px;
float: $startSide;
border:2px solid red;
background:#fff;
word-wrap: break-word; /* fix for long text breaking sidebar float in IE */
overflow: hidden; /* fix for long non-text content breaking IE sidebar float */
}

(caranya sama dengan yg sudah di jelaskan di tas)

mungkin selanjutnya anda akan tahu sendiri mengikuti keadaan edit html anda... selamat dan silahkan mencoba yah.... kalo ada yang masih binun silahkan tanyakan yah...

Gabung di Facebook penulis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar